2 Cara Ampuh Mengatasi Semua HP Xiaomi Hardbrick (TEST POINT & Deep Flash Kabel)

2 Cara Ampuh Mengatasi Semua HP Xiaomi Hardbrick (TEST POINT & Deep Flash Kabel)

Cara Mengatasi Semua Xiaomi Hardbrick – Di antara banyaknya point penting yang paling utama sebagai syarat agar anda bisa melakukan Flashing menggunakan Kabel data apapun merknya adalah HP tersebut harus terbaca di Komputer, nah yang menjadi masalah adalah bagaimana HP bisa terbaca di computer kondisinya Hardbrick?

Apa sih Hardbrick itu?

Mungkin sebagian dari anda hanya mengerti beberapa masalah yang sering terjadi pada HP android dimana kondisi tersebut tidak dapat di gunakan alias mentok di logo startup saja yakni Bootloop. Tapi sebenarnya ada kondisi lainnya yang lebih parah di bandingkan dengan Bootloop yakni Hardbrick.

Hardbrick pada dasarnya sama seperti mati total, yang mana hp dengan kondisi seperti ini tidak bisa hidup bahkan HP Android tersebut tidak bisa masuk ke menu download, yang menjadi penyebab hal ini terjadi biasanya adalah kesalahan pada Software atau dengan kata lain Hardware dan Software tidak terhubung Crash. Karena prosesnya adalah ketika HP di hidupkan dengan menekan tombol On/Off seharusnya HP langsung merespon dan Meload firmware akan tetapi pada saat HP dalam kondisi hardbrick firmware tersebut malah merespon kode Off maka hal ini lah yang menjadikan HP Stuck atau tidak sama sekali hidup.

Penyebab Hardbrick

Ada banyak sekali penyebab HP Android menjadi Hardbrick termasuk Xiaomi, Sony, Samsung atau merk lainnya, di antaranya adalah sebagai berikut :

Gagal Flashing : yang paling umum terjadi adalah karena kesalahan pengguna ketika melakukan Flashing atau Firmware yang di gunakan tidak cocok dengan series HP Android yang akan di Flash. Banyak juga yang terjadi karena ketika proses Flashing terputus koneksinya baik itu karena Kabel datanya yang rusak atau baterai yang di gunakan kosong.

Rooting : walaupun Rooting tidak banyak yang mengalami masalah dengan menyebabkan HP menjadi mati total dan tidak berbahaya akan tetapi jika anda melakukannya tidak sesuai dengan intruksi yang benar yakni file Root yang di gunakan tidak sesuai maka akan menjadikan HP malah akan mengalami hardbrick. Sebagai solusi terbaik jika anda ingin melakukan Rooting dengan aman adalah dengan menggunakan Aplikasi yang bernama one click root karena Apikasi ini menggunakan berupa Metode scanning terlebih dahulu yang mana scanning tersebut di lakukan untuk menganalisa software sehingga apakah cocok dengan series HP tersebut.

Sistem Operasi (OS) Rusak : Karena HP di gunakan tanpa Henti tentunya akan menyebabkan HP menjadi rusak dan kerusakan software yang terjadi tersebut  menjadikan HP hardbrick.

eMMC IC Rusak : IC adalah perangkat Hardware yang cukup Vital di HP Android bahkan beberapa merk HP Android seperti Oppo dan beberapa HP Smartfren Android sering mengalami kerusakan IC eMMC ini. Biasanya teknisi akan melakukan Upload ulang OS dengan menggunakan Box dan jika tidak berhasil maka menggantinya dengan eMMC yang baru lalu Upload kembali.

2 Cara Mengatasi Semua HP Xiaomi Hardbrick

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwasanya untuk bisa mengatasi HP Hardbrick adalah dengan mengganti perangkat Hardware apabila Flashing tidak lagi bisa memperbaikinya karena beberapa factor di antaranya HP tidak terdeteksi oleh Komputer.

1. Cara Flashing Xiaomi Dengan Menggunakan Metode Test Point

Apa sih test point itu? test poin adalah pin out yang mana berguna sebagai resetter caranya dengan menghubungkan pin pada hap tersebut sehingga bisa terbaca kembali oleh PC. Istilah umumnya adalah melakukan Bypass IC Memory sehingga tidak terbaca oleh IC CPU / Processor. Sehingga nantinya PC hanya dapat membaca IC CPU dan berikutnya Flashing di lakukan dengan cara sepihak oleh PC dan di Create IC Memory oleh processor HP.

Letak Test Point Android Xiaomi

Letak Test Point Android Xiaomi

Letak Test Point Android Xiaomi

Letak Test Point Android Xiaomi

Letak Test Point Android Xiaomi

Letak Test Point Android Xiaomi

Letak Test Point Android Xiaomi

Letak Test Point Android Xiaomi

Langkah Flashing All xiaomi Android dengan test Point:

  1. Pertama, silahkan anda hubungkan Hp Xiaomi dengan menggunakan Kabel USB ke PC
  2. Kemudian lakukan Short/Jumper / hubungkan ke 2 pin out (Lihat gambar di atas) sesuaikan dengan tipe HP Android Xiaomi yang akan di Flash dengan menggunakan Pinset, jadi intinya adalah yang penting ke 2 pin tersebut terhubung agar HP bisa terbaca oleh PC Komputer. Jika sudah maka selanjutnya anda bisa melakukan Flashing seperti biasanya (Baca : Cara Flash Xiaomi Redmi 2)
  3. Menggunakan Kabel Deep Flash

Untuk cara yang ke-2 ini adalah dengan menggunakan Kabel deep flash, maka yang perlu anda lakukan sekarang adalah membuat kabel deep flash karena memang di pasaran masih belum banyak yang menjualnya. Jadi, kabel ini memiliki fungsi untuk membuat HP Xiaomi android anda masuk ke mode Fastboot walaupun HP tersebut dalam kondisi Matot (HardBrick). Untuk cara kerjanya adalah dengan memberikan suatu trigger ke data USB + caranya dengan menghubungkan Langsung berupa Ground (-).

2. Cara membuat Kabel Deep Flash Xiaomi Android

  1. Pertama, siapkan 1 Kabel Micro USB
  2. Kemudian anda kupas pada bagian tengahnya
  3. Setelah Kabel tersebut terkelupas selanjutnya kupas juga kabel jalur data + umumnya berwarna hijau dan kabel jalur negatif berwarna hitam
  4. Jika sudah, sekarang siapkan 1 buah switch push on, lalu sambungkan kabel warna hitam ke salah satu kaki swith dan kabel hijau ke kaki switch 1 nya lagi, dalam hal ini anda bisa mencari switch tersebut di toko elektronik yang ada di kota anda atau kalau males pergi ke toko bisa dengan menggunakan mainan anak2. Jika switch yang anda miliki tersebut memiliki kaki 4 maka pakai pin 1 dan 3 atau pin 2 dan 4.
  5. Kalau anda tidak ingin menggunakan saklar pun tidak masalah caranya bisa dengan men short kana tau menghubungkan langsung kabel d+ dan – manual.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat Tutorial Membuat kabel Deep Flash pada Video di bawah ini :

Cara Flashing:

  1. Pertama, silahkan anda Cabut baterai dari HP
  2. Kemudian, Hubungkan HP ke PC menggunakan Kabel DFC yang sudah di buat tadi
  3. Sekarang, Silahkan anda tekan switch hingga HP Xiaomi terbaca oleh Komputer
  4. Install Driver sesuai Series HP Xiaomi dan setelah itu lakukan Flashing seperti biasanya
  5. Selesai

Bagaimana, apakah cukup jelas? Karena memang pada dasarnya mimin hanya memberikan Tips serta Trik agar Xiaomi yang mengalami hardbrick bisa terbaca kembalo oleh computer sehingga HP Xiaomi tersebut bisa di flash ulang.

Baca Juga :
2 Cara Ampuh Mengatasi Semua HP Xiaomi Hardbrick (TEST POINT & Deep Flash Kabel) | aby | 4.5
Shares