[3 CARA MUDAH] Membuka Hp Android Yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Cara Membuka Hp Android Yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data Dengan Mudah

Cara Membuka Hp Android Yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data – Ternyata banyak pengguna Android yang mengalami lupa Password atau Lupa Pola Kunci Android tersebut, yang lebih parahnya lagi adalah tidak ada catatan khusus mengenai Password tersebut, sehingga dicoba berulang kali untuk masuk ke Android tidak bisa. Biasanya hal ini terjadi karena pengguna lupa dimana setelah merubah Password atau Pola Kunci yang baru.

Sebenarnya ada cara mudah yang bisa anda lakukan yakni dengan melakukan Reset Factory, namun masalah baru muncul adalah semua data yang tersimpan di Hp Android anda akan hilang. Meski ini adalah cara yang paling ampuh dan dapat menginstall kembali berbagai Aplikasi yang ada sebelumnya namun beberapa pengaturan serta preferensi akan menjadi hilang alias kembali Default. Jadi mau tidak mau anda harus mengatur ulang.

lalu bagaimana Cara Reset Password Android, Tanpa Harus Menghapus Data ? Teranyata data anda masih bisa di selamatkan dan tentunya masalah Android Terkunci menjadi terselesaikan. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini :

Pertama, Cara Membuka Android melalui akun Google

Untuk anda yang masih memiliki akses Akun Google yang di gunakan dan terhubung dengan perangkat bermasalah tersebut, walaupun tidak dapat mengingat Password atau Pola kunci yang menyebabkan anda tidak bisa mengakses Home Screen di Hp Android anda, maka salah satu cara yang paling aman adalah dengan memulihkannya via akun Google.

Pada saat anda memasukan Password yang salah atau Pola Kunci terlalu banyak maka nanti akan tampil berupa Link dengan tulisan “Lupa Password” atau “Lupa Pola” di lock Screen, Tentu saja hal ini tergantung dari setingan keamanan pada Hp Android anda tersebut. Sehingga anda bisa memulihkan Akses Hp Android tersebut melalui Link Lupa lupa sandi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan dengan membuka kunci perangkat yakni dengan memberikan berbagai Passowrd yang salah dalam beberapa kali hingga tampil Link berupa tulisan lupa password atau Pola.
  2. Jika sudah, silahkan anda Tap link Password Lupa atau Lupa Pola tersebut yang nantinya anda akan di bawa ke laman Aktifkan Akun.
  3. Silahkan anda masukan kredensial Akun Google, dalam memulihkan akses ke perangkat Anda tersebut.

Yang harus anda tahu bahwasanya ada beberapa perangkat Android yang tidak bisa menerima kredensial Akun Google untuk membuka Kunci Android anda tersebut, walaupun anda memasukan Akun Google dengan benar. Jika anda mengalami hal semacam ini maka cara lainnya yang bisa kita gunakan adalah memanfaatkan Fitur Google Verifikasi 2-Langkah. Caranya adalah sebagai berikut :

Membuka Android dengan 2-step verification

Verifikasi 2 Langkah ini bisa di bilang sebuah fitur terbaik yang di berikan Google untuk menambah keamanan Akun Google anda. Pada saat Verifikasi 2 Langkah telah anda Aktifkan, maka nantinya diminta untuk memasukan Kode Unik dengan berbagai cara yakni “Via panggilan suara, pesan teks atau Google Authenticator” Hal ini berlaku setiap kali ketika anda memsukan akun Google, selain username dan password.

Setelah anda Setup verifikasi 2-Langkah pada Akun Google, maka selanjutnya anda bisa menggunakan untuk menghasilkan aplikasi-spesifik password, dimana membuat Aplikasi ke-3 dan perangkat untuk bisa mengakses Akun Google milik anda tersebut.

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah pada Akun Google.

Setelah anda berhasil mengaktifkan ikasi 2-Langkah, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mencabut izin akses ke perangkat Android milik anda menggunakan akun Google dan reauthorize, tentunya memanfaatkan Verifikasi 2 Langkah. Dengan berhasilnya anda melakukan verifikasi 2 langkah, sudah pasti anda tentunya dapat mengakses perangkat tersebut.

Mencabut izin akses ke perangkat Android Anda

Seperti yang di katakan di atas dimana anda membutuhkan mencabut akses izin ke perangkat Android dari Akun Google, Untuk caranya silahkan ikuti Step by stepnya dibawah ini.

  1. Gunakan Web Browser, kemudian masuk ke Account Permissions yang ada di bagian bawah Pengaturan Akun Google.
  2. Nanti akan melakukan identifikasi dan ditampil untuk memilih perangkat Android yang akan di Reset Passwordnya
  3. Terakhir, tekan pada tombol Batalkan Akses yang letaknya berada di sisi kanan lalu Konfirmasi proses tersebut dengan Klik OK

Mendapatkan password untuk Android Anda (App Passwords)

Sekarang anda telah mencabut izin akses dari perangkat Android tersebut, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menyambungkan kembali ke Akun Google milik anda tersebut yang mana bertujuan untk mendapatkan Password baru.

  1. Pertama, silahkan anda akses halaman App Passwords. Maka disini anda akan di minta memasukan Akun Google anda.
  2. Lihat di bagian bawah, silahkan anda pilih opsi yang relevan atau pilih Lainnya (nama Custom lalu masukan deskripsi yang terkait.
  3. Klik Menghasilkan Password. Maka sebuah Sandi dengan jumlah 16 digit sekarang bisa anda lihat pada layar.
  4. Di ponsel Android atau tablet, tekan link lupa Sandi / Pola .
  5. Lanjutkan dengan memasukan Password yang sudah di dapatkan sebelumnya dengan jumlah 16 digit serta ID Google pada halaman Aktifkan Akun.
  6. Sekarang kembali lagi ke laman App Sandi, klik selesai untuk menyelesaikan proses tersebut. Dan Selamat sekarang anda bisa melalukan Login.
  7. Selesai

Bagaimana, memang agak sedikit panjang penjelasannya namun jika di Praktekan sangat mudah dan simpel. Jika cara di atas menurut anda ribet, maka bisa menggunakan cara yang ke-2 sebagai berikut.

Kedua, Cara Reset pasword android yang lupa dari menu “ tidak bisa mengakses Akun Google saya”

Bagi anda yang melakukan Reset Password melalui Akun Google, namun bermasalah pada Akses Akun Google tersebut seperti tidak ingat Password, maka yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan Reset Akun Google terlebih dahulu dari halaman Account Recovery . Atau cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah memalui Verify your identity yakni dengan menjawab berbagai pertanyaan yang masih ada hubungannya dengan Akun anda tersebut seperti password , kontak terakhir, email dan informasi lainnya.

Setelah akun yang anda miliki tersebut pulih maka selanjutnya untuk bisa mangakses perngakat Android anda adalah dengan mengikuti langkah yang telah di jelaskan di atas.

Namun, jika cara pertama dan kedua ini masih belum bisa di atasi, maka cara yang terakhir mungkin bisa memulihkan perangkat Anda yakni dengan memanfaatkan Aplikasi pihak Ke-3.

Ketiga, Cara Bypass Lock Screen Android Menggunakan Aplikasi

  1. Yang kita perlukan dalam menggunakan cara ketiga ini adalah Aplikasi yang bernama Aroma File Manager. Silahkan anda Download Aroma File Manager (ZIP) dan kemudian anda salin ke sdcard / hp Android anda.
  2. Matikan HP, kemudian masuk ke Mode Recovery caranya Tekan dan tahan Tombol Power dan Volume Down secara bersamaan (pada setiap merk Android kemungkinan berbeda silahkan anda sesuaikan). Jika sudah dan sekarang sudah dalam Mode Recovery gunakan tombol Vol atas dan Vol Bawah untuk navigasi melalui berbagai pilihan menggunakan tombol Home atau tombol Daya untuk memilih opsi tersebut.
  3. Silahkan anda akses “mounts and storage” dari menu recovery dan pilih pilihan berikut secara berurutan: “mount / system” -> “mount / data” -> “mount / EFS” -> “mount / preload” -> “mount / sdcard “ -> ” mount / external_sd “ Setelah semua berhasil terpasang, gulirkan layar ke bagian bawah lalu temukan pilihan dan pilih “Go Back”.
  4. Setelah itu yang harus anda lakukan adalah Install aplikasi Manajer Aroma file dari file ZIP. Untuk melakukan hal ini caranya yakni pilih “install zip dari sdcard” -> “pilih zip dari sdcard“. dari daftar file, silahkan anda pilih zip yang telah Anda copy tadi ke direktori / sdcard, dan pilih Install pilihan.
  5. Maka nanti Hp Android secara otomatis akan menginstall dan menjalankan secara otomatis aplikasi tersebut Via Mode Pemulihan. Pada Aplikasi silahkan anda pilih Menu -> Pengaturan, kemudian anda gulirkan kebawah lalu pilih “Automount all devices on start”. Lalu Tap Selesai untuk menyimpan perbuahan. keluar dari Aplikasi dan kembali ke ke mode recovery.
  6. Tahap selanjutnya adalaha menjalankan Aplikasi Aroma File Manager sekali lagi lewat Mode pemulihan. Pilih Zip lagi dan Install pilihan. Maka untuk kali ini, Aroma akan menjalankan Akses kesemua lokasi Mount.
  7. Di Aplikasi Aroma silahkan anda akses Data -> system and look for the“password.key” atau “gesture.key” file dari dalam folder. Jika anda ingin mengembalikan Password, silahkan pilih password.key jika kunci tersebut berbentuk pola maka pilih gesture.key. Tekan dan tahan file untuk memastikan pilihan terkait lalu pilih Delete. Jika muncul Konformasi pilih saja Ya
  8. Setelah Password atau sandi dengan bentuk Pola file tersebut telah di hapus, maka anda bisa me-restart perangkat Anda dalam mode normal. nantinya perangkat kemungkinan akan meminta Pola atau Password, tetapi akan menerima berbagai bentuk pola yang anda masukan. Sehingga dalam hal ini anda telah berhasil mengakses semua isi ponsel Android atau tablet tanpa kehilangan data.
  9. Selesai

Jika melihat langkah di atas memang cukup ribet atau panjang sekali penjelasannya, namun anda bisa mencoba satu persatu dari langkah di atas. Cara ini sangat Recommended bagi anda pengguna Android yang mengalami Lupa Password tapi tidak ingin kehilangan data penting yang ada di dalam perangkat Android miliknya tersebut. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

[3 CARA MUDAH] Membuka Hp Android Yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data | aby | 4.5
Shares