3 Cara “PALING AMPUH“ Mengatasi Bootloop Smartphone Android

3 Cara “PALING AMPUH“ Mengatasi Bootloop Smartphone Android

Cara mengatasi bootlop – Bootloop bisa dialami smartphone android setelah melakukan install custom ROM ataupun melakukan upgrade Android secara manual. Ponsel android yang kerap mengalami masalah ini ialah pengguna android yang suka bereksperimen menerapkan hal baru pada Android mereka. Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan ponsel android anda mengalami bootlop.

Misalnya saja file aplikasi yang korup, kemudian cara melakukan install yang keliru, ada malware ataupun virus, bahkan custom ROM mempunyai file sistem yang telah rusak bahkan memaksakan sistem supaya bisa terpasang padahal hardware Smartphone nya tidak mendukung sistem tersebut. Untuk mengetahui cara mengatasi bootlop, anda bisa ikuti langkah langkahnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Bootlop Pada Smartphone Android

Bila ponsel anda mengalami bootlop, gagal masuk, tak mau terbuka kemudian hanya menampilkan gambar robot ataupun animasi logo merk ponsel Android anda, maka ikuti langkah langkah dibawah ini sebagai solusinya.

Matikan ponsel Android

Kemudian cabut baterai, micro SD dan juga kartu SIM dan biarkan beberapa saat supaya baterainya tidak memberi energi pada motherboard Android. Lalu, pasangkan lagi dan hidupkan kembali.

Masuk Pada Mode Android Stock Recovery.

Cara masuk pada mode ini ialah dengan mematikan ponsel lalu menekan tombol kombinasi supaya ponsel Android anda masuk pada mode recovery. Namun setiap tipe ponsel android memiliki kombinasi tombol tidak sama. Seperti dibawah ini.
1.Bila tipe android anda Samsung, cara ini bisa dilakukan dengan tekan kombinasi tombol Home + Volume Up + Power bersamaan beberapa detik. Dengan cara ini, anda akan segera masuk pada stock recovery mode.
2. Sesudah masuk pada navigasi ini, maka anda bisa langsung tekan tombol vol down dan pilihlah “Wipe data/factory reset”. Tahap ini juga akan menjadikan android kembali pada pengaturan awal. Seluruh file internal akan hilang terhapus.
3. Sesudah itu, pilih saja Reboot System Now. Pada tahap ini, anda akan masuk pada Custom Recovery.

Masuk Pada CWM Recovery

Bila sampai bootlop terjadi pada ponsel anda, maka anda bisa melakukan cara selanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa masuklah pada mode CWM recovery dengan cara dibawah ini:
1. Matikan terlebih dahulu ponsel anda, kemudian cabut baterainya beberapa detik setelah itu pasangkan lagi. Tekan tombol kombinasinya untuk bisa masuk pada CWM Recovery mode.
2. Jika anda sudah bsia masuk, anda pilih saja “Wipe Data/Factory Reset”. Setelah itu, konfirmasikan pilihan anda dengan menekan “Yes”.
3. Sampai pada langkah ini, arahkan kursor untuk memilih “Advanced” dan tekan “Wipe Dalvik Cache”. Lalu konfirmasikan pilihan anda dengan menekan “Yes”.
4. Lalu cari menu “Mounts and Storage” tekan menu tersebut dilanjutkan dengan memilih “format /data” & “format /cache”. Langkah tersebut akan menghapus semua data dan juga cache pada ponsel Android.
5. Nah, yang terakhir anda bisa memilih reboot.

Itulah beberapa cara mengatasi bootlop yang bisa dilakukan secara mudah. Langkah tersebut akan membuat ponsel android anda terbebas dari masalah bootlop. Cara mengatasi bootloop ponsel Android terakhir dengan menghapus data maupun cache, dan juga masuk pada mode Factory Reset. Selamat mencoba.

3 Cara “PALING AMPUH“ Mengatasi Bootloop Smartphone Android | penulis dua | 4.5
Shares