2 Cara Flash Vivo Y22 Tanpa PC dan Via Flashtool “100% Ampuh”

Cara Flash Vivo Y22 Tanpa PC dan Via Flashtool

Flash Vivo Y22 – apakah kamu memiliki ponsel android yang suka ngeblang atau bootloop? Terutama jika kamu punya ponsel android vivo Y22. Jika ponsel kamu ini sering mengalami bootloop, maka kamu bisa melakukan cara untuk mengembalikannya. Salah satunya ialah dengan melakukan Flash Vivo Y22 yang kamu punya tersebut.

Bootloop sendiri adalah keadaan gagalnya proses ketika sedang menjalankan program maupun aplikasi lain pada ponsel. Selain mengalami bootloop apakah vivo y22 yang kamu punya kerap mengalami keadaan sering restart, hang logo, terinfeksi malware, amengalami brick, atau adanya kerusakan pada sistem yang membuatnya mati total.

Jika hal tersebut terjadi pada ponsel kamu, maka jalan keluarnya ialah dengan melakukan flash atau install ulang. Yang disebut dengan flash merupakan proses penggantian ulang software ponsel. Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah langkah dibawah ini:

CARA FLASH VIVO Y22 DENGAN PC VIA FLASHTOOL

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan mendownload Firmware vivo y22, selanjutnya SP Flashtool serta USB Driver. Setelah selesai kamu unduh, tempatkan pada satu folder supaya kamu lebih mudah mencarinya.
  2. Setelah itu, Install USB Driver pada PC serta ekstrak bahan lainnya.
  3. Jika proses tersebut seudah selesai, kamu bisa langsung menjalankan aplikasi dari exe pada folder SP_Flash_Tool_exe_windows_v5.1420.00
  4. Kemudian klik Scatter-Loading.
  5. Setelah itu, masukkan saja file scatter pada folder firmware yang sudah kamu ekstrak sebelumnya.
  6. Kemudian pilih saja Download Only, dan kamu bisa kasih tanda ceklis seluruh kotak selanjutnya klik Download.
  7. Setelah itu kamu harus nonaktifkan dulu ponsel Vivo Y22, dan sambungkan ponsel pada PC menggunakan Kabel USB.
  8. Namun pastikan dulu jika ponsel kamu sudah terdeteksi, bila sudah terdeteksi, proses flasing bakalan Jika proses flashing telah selesai, maka pada layar tampil tulisan Download OK.

CARA FLASH VIVO Y22 VIA SD CARD

  1. Langkah pertama, kamu harus download firmware ataupun stock ROM dari Vivo y22 kemudian copy file di dalam SD Card.
  2. Kemudian matikan vivo y22 kamu dan masuk saja pada mode recovery. Caranya dengan menekan serta tahan tombol Volume bagian bawah + Power sampai ponsel kamu bisa menyala &
  3. Sesudah kamu masuk pada mode recovery, maka untuk navigasi pakailah tombol volume & power untuk meng
  4. Pilih menu Android System Recovery
  5. Lalu pilih saja Apply update from_External_SD_
  6. Carilah kemudian pilih file firmware unduhan kamu
  7. Pada langkah ini, proses flashing berjalan, dan tugas kamu hanya tinggal menunggu sampai prosesnya
  8. Bila sudah selesai, ponsel kamu akan merestart secara

Mengenal Istilah Istilah Dalam Dunia Android

Sekarang ini ada begitu banyak kerusakan yang dapat terjadi dalam smartphone. Apalagi pada smartphone yang menggunakan sistem opearasi android. Dari mulai kerusakan yang terjadi pada hardware, software maupun kerusakan yang terjadi pada sistem android.

Bila kerusakan yang terjadi pada bagian sisem softwarenya ada kemungkinan besar masih dapat diperbaiki. Untuk memperbaikinya juga bisa dilakukan sendiri tanpa perlu bantuan dari pihak teknisi sekalipun. Karena sekarang ini sudah banyak informasi dari internet yang memberikan tutorial tutorial tentang memperbaiki ponsel. Kamu bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk memperbaiki ponsel kamu.

Namun terkadang ada istilah istilah yang masih kamu belum paham dari tutorial tutorial tersebut. Untuk mengetahui apa saja istilah yang ada dalam dunia android, kamu bisa simak ulasan dibawah ini.

Flash / Flashing

Istilah yang sering kamu dengar ialah flash atau flashing. Istilah tersebut pasti sering didengar ketika ponsel android kamu sedang rusak. Istilah flashing bila dilihat dari dunia computer sama halnya dengan instal ulang pada sistem operasi. Nah, hal ini juga tidak jauh beda, dengan dunia android. Karena istilah flashing artinya juga melakukan instal ulang pada sistem operasi android. Sementara untuk melakukan flash umumnya memerlukan ROM android yang sesuai terhadap merk & versi ponsel yang digunakan (seperti software sistem operasi pada window).

Dalam melakukan flashing, umumnya membutuhkan bantuan tool lainnya, misalnya TWRP. Untuk mengetahui apa arti TWRP tersebut, kamu bisa simak ulasan dibawah.

TWRP

Istilah TWRP berarti kependekan dari istilah Teamwin Recovery Project. Yakni sebuah tool boot pada android yang bisa berjalan ketika hp android kamu dalam mode boot (keadaan saat hp dihidupkan sebelum ponsel masuk pada tampilan utama).

Selain itu Tool TWRP bila dijalankan Cuma akan menampilkan menu-menu yang sederhana yang memiliki background gelap. Tool tersebut biasanya sangat dibutuhkan, dengan tujuan pemulihan ataupun recovery dalam hp android, contohnya untuk ganti room dll.

TWRP pada beberapa tipeponsel android juga sudah disediakan dari system android sendiri. Akan tetapi pada sejumlah versi masih ada yang belum tersedia. Namun ada juga yang cuma menyajikan menu backup & restore saja hal ini tergantung pada tipe ponsel android nya.

Supaya ponsel android kamu mempunyai tool TWRP yang disertai oleh fitur lengkap didalamnya, biasanya perlu melakukan instalasi/flash TWRP secara manual. Sedangkan cara masuk pada mode TWRP, ialah ponsel kamu harus dalam kondisi mati.selanjutnya tekan tombol Volume bagian atas (volume +) dan tombol power bersamaan selama beberapa detik. Maka ponsel kamu akan melakukan booting mirip dengan keadaan menyala kemudian akan masuk pada mode TWRP. Bila di ponsel android kamu sudah terpasang TWRP.

Memiliki tool ini sangat berguna saat ponsel kamu mau kamu root atau flashing dengan room lebih baru, menjalankan backup/ recovery, untuk menghapus file sistem atau (Wipe) serta fitur-fitur pemulihan lain yang sangat berguna.

Bootloop

Istilah yang sering didengar dalam dunia android adalah bootloop. Keadaan bootloop adalah keadaan ponsel yang terus boot ulang & tidak mau masuk pada home screen. Keadaan ini terjadi  saat ponsel dihidupkan ataupun direstart.

Selain itu, boot adalah ketika ponsel startup ingin menyala, sementara loop merupakan pengulangan. Jadi boot loop bisa diartikan keadaan ponsel kamu yang secara terus-menerus menjalankan boot kemudian restart, hal ini berulang terus tanpa berhenti.

Keadaan bootloop juga bisa diakibatkan karena adanya modifikasi dari sistem yang ekstrim. Contohnya melakukan flashing yang tidak berhasil, kesalahan dalam melakukan root android, kondisi error saat melakukan flash twrp atau penyebab lainnya.

UBL / Unlock Boatloader

Istilah lain yang sering didengar pada ponsel android adalah UBL/ Unlock Boatloader. Sebenarnya UBL adalah kependekan dari unlock boatloader. Yakni membuka kunci boatloader supaya ponsel bisa diinstal TWRP atau tool lainnya.

Sementara status bootloader untuk beberapa perangkat android, contohnya pada ponsel xiaomi versi terbaru, maka boatloadernya dalam kondisi dikunci. Hal ini bertujuan untuk membuat ponsel tersebut terproteksi secara lebih baik. Tapi dengan beberapa alasan, maka boatloader kadang harus di unlock. Pastinya dengan bantuan dari tool secara khusus.

Itulah pembahasan tentang Flash Vivo Y22 dan juga beberapa istilah dalam dunia android yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

2 Cara Flash Vivo Y22 Tanpa PC dan Via Flashtool “100% Ampuh” | aby | 4.5
Shares