Cara Root dan Install TWRP Samsung Galaxy J5 Prime

Posted on

Cara Root dan Install TWRP Samsung Galaxy J5 Prime

Samsung Galaxy J5 Prime adalah smartphone yang resmi dirilis pada tahun ini. Samsung Galaxy J5 Prime adalah ponsel pintar yang dibandrol dengan harga yang murah namun memiliki kualitas yang mumpuni dan memiliki spesifikasi terbaru dan memiliki performa yang tidak diragukan lagi.Samsung J5 ini memiliki semua fitur terbaru dan fitur hampir sama dengan ponsel pintar lain yang memiliki harga Yang cukup mahal.J5 ini mempunyai spesifikasi RAM 1.5 GB dengan Internal memori 8 GB dengan GPU Andreno 306 dan Prosessor Snapdragon 410.

Lalu bagi kamu pemilik ponsel pintar Samsung Galaxy J5 Prime yang memiliki keinginan untuk lebih meningkatkan performa dengan cara melakukan root, maka berikut ini saya sebutkan panduan sederhana bagaimana cara Samsung Galaxy J5 Prime.

Namun, perlu diketahui untuk melakukan root, kamu wajib menginstall Custom TWRP terlebih dahulu. Karena proses rooting akan dilakukan melalui menu recovery yang dalam hal ini menggunakan custom recovery TWRP.Untuk tutorialnya mari kita simak caranya di bawah ini.

Bahan:

Langkah Install TWRP:

  1. Pilihan mode mode dan OEM Unlocking. Jika menu Developer Optionnya tersembunyi, silahkan ke menu setting about. Klik ‘ Build Number ‘ sekitar 5 sampai 7 kali (lakukan dengan cepat) sampai muncul notifikasi opsi pengembang sudah diaktifkan.
  2. Selanjutnya kembali ke menu setting, cari dan buka menu developer option yang baru saja diaktifkan. Cari dan aktifkan OEM Unlocking dan Aktifkan pada USB Debugging.
  3. Masuk ke Downloading Mode, cara cukup dalam keadaan ponsel mati, tekan tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan Lanjutkan dengan menekan volume bawah untuk melanjutkan.
  4. Sambungkan ponsel ke kabel USB, lalu jalankan aplikasi odin dengan cara “RUN ADMINISTRATOR”.
  5. Pesan yang ada dibagian sebelah kiri odin, jika banyak tulisan ‘Add’ Artinya Samung Galaxy J5 Prime kamu sudah terdeteksi di komputer.
  6. Selanjutnya klik “AP” lalu cari file Custom TWRP yang sebelumnya sudah di download & diekstrak sebelumnya.
  7. Setelah itu klik tombol “Start” untuk proses pemasangan TWRP.
  8. Tunggu beberapa saat hingga selesai.
  9. Kalau proses berhasil, maka akan ada pesan “PASS!”
  10. Pada tahap ini kamu sudah berhasil menginstall twrp di samsung galaxy J5 prime.

Langkah Root:

  1. Masuk ke Twrp dengan cara tombol volume atas + home + power secara bersamaan dalam keadaan mati /off.
  2. Pilih Install di menu Twrp, lalu cari aplikasi SuperSU yang sebelumnya sudah download dan sudah tersimpan di kartu memori ponsel.
  3. Jika sudah, pilih kemudian usap ke kanan pada “Gesek untuk Konfirmasi Flash”.
  4. Tunggu sampai prosesnya selesai,
  5. Lalu tekan tombol kembali lalu restart ponsel.
  6. Selesai

Dan harus diketahui adanya kostumasi dan root terhadap sistem operasi oleh OEM. Jika hal ini terjadi, maka kamu akan kehilangan Garansi atau bisa menimbulkan kerusakan terhadap ponsel. Demikian tutorial  sederhana yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

Baca Juga :