Cara Paling Mudah Menambah Memori Internal Android Tanpa Root “100% Work”

Cara Paling Mudah Menambah Memori Internal Android Tanpa Root “100% Work”
Rate this post

Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root

Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root – umumnya memori dipakai untuk tempat menyimpan dan menampung file file pada sebuah perangkat. Fungsi memori internal juga sangat penting terutama pada smartphone dan harus ada pada setiap devices. Selain itu, kapasitas setiap memori juga tidak sama dari mulai yang mempunya satuan MB sampai satuan GB.

Namun jika memori internal pada sebuah ponsel android tergolong kecil, anda bisa mencoba menambahnya dengan menggunakan berbagai cara. Salah satunya ialah dengan mengikuti Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root yang akan disajikan dibawah ini. Untuk bisa menambah kapasitas dari memori internal, tentunya anda akan membutuhkan beberapa aplikasi yang bisa mendukung cara tersebut yang bisa diunduh melalui Play Store.

Untuk bisa meningkatan memori internal pada android anda, silahkan gunakan software Mini Tool_Partition, dengan aplikasi Link2SD ataupun memakai Flashdisk.

1. Meningkatkan Memori Internal Dengan Aplikasi Mini Tool Partition

Cara pertama yang bisa anda ikuti ialah dengan menggunakan aplikasi berupa mini tool partition. Langkah langkahnya seperti berikut ini.

  1. Langkah pertama anda harus mendownload & menginstall terlebih dahulu aplikasi dari Mini Tool Partition melalui komputer ataupun laptop yang akan kamu gunakan nanti.
  2. Bila sudah berhasil menginstal, anda tinggal memasukkan SD Card ataupun memori internal pada komputer ataupun laptop tersebut (dapat juga memakai card reader). Tunggulah sampai SD card bisa terdeteksi pada aplikasi jika sudah klik saja micro SD lalu klik kanan kemudian pilih daja delete (namun disini seluruh data akan hilang).
  3. Kemudian buatlah partisi pertama menggunakan file system FAT_32 atau nantinya yang menjadi memory external dan menyesuaikan dengan besar kapasitasnya. Namanya juga dibuat sesuai pada keinginan kamu, pilih juga type primary dan file system_FAT_32 kemudian Ok.
  4. Selanjutnya buat partisi kedua menggunakan file system EXT_4 dan nanti akan berfungsi sebagai memory tambahan dari internalnya.
  5. Kemudian pilih Unallocated kemudian create partition dan klik yes guna melajutkan.
  6. Lalu pilih saja setting 1 GB pada EXT 4 dan buat nama label kemudian pilih type primary dan juga file system ext 4 lalu
  7. Tahap berikutnya, ialah dengan membuat partisi ketiga menggunakan file system swap_memory yang berfungsi dalam meningkatkan kapasitas dari memori RAM.
  8. Pilihlah di unallocated (untuk sisa memori terbaru) lalu create partition, bila notifikasinya tampil, maka klik saja yes untuk melanjutkan.
  9. Buatlah nama label kemudian pilih type primary dan file system Linux_Swap lalu klik
  10. Lalu klik tombol Apply & tunggulah sampai prosesnya

2. Meningkatkan Memori Internal Dngan Aplikasi Link2SD

Selanjutnya ialah menggunakan aplikasi Link2SD. Untuk mengetahui cara lengkapnya, langsung simak beberapa penjelasan dibawah ini.

  1. Langkah pertama download & install terlebih dahulu aplikasi dari Link2SD
  2. Setelah berhasil mengunduh, kamu harus masukkan SD card pada perangkat android lalu jalankan aplikasi Link2SD & pilih ext 4.
  3. Selanjutnya anda bisa langsung merestart ponsel android anda
  4. Bukalah kembali aplikasi Link2SD kemudian pastikan status memori kamu telah Mounted. Bila masih belum, kamu bisa lakukan kembali dari langkah awal, jika gagal coba ganti etx 4 diatas menjadi ext 2 ataupun
  5. Bila berhasil, memori internal kamu akan meningkat sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Meningkatkan Memori Internal Dengan Menggunakan Flashdisk

Untuk meningkatkan memori internal, anda juga bisa menggunakan flashdisk dengan mengikuti langkah langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama siapkan USB flash untuk mengakses android. Kemudian hubungkan salah satu dari ujungnya pada adapter OTG lalu pastikan agar ujung lainnya terhubung pada perangkat anda.
  2. Bila pada android sudah memberi notifikasi jika penyimpanannya sudah terkoneksi, maka lihat saja area notifikasi sebagai konfirmasi ataupun bukalah Setting >> kemudian Storage. Disini kamu akan melihat jika penyimpanan sudah terpasang. Bila tidak ada juga, anda dapat menekan Mount.
  3. Sesudah di pasangnya memori internal tambahan, maka kamu bisa mengaksesnya menggunakan aplikasi dari file management supaya media tersebut bisa
  4. Bila kamu mau melepaskan penyimpanan, maka kamu dapat melakukan unmounting lebih dahulu. (dari area notifikasi ataupun dalam Settings >> Storage) di smartphone android.

Meningkatkan Memori Internal Dengan Gom Saver

Bagi anda yang menggunakan smartphone android, cara satu ini bisa digunakan untuk meningkatkan memori internal. Ponsel yang digunakan juga tak hanya ponsel sejenis saja. Karena apapun ponselnya masih bisa menggunakan cara ini. Ponsel yang kamu gunakan juga bukan hanya ponsel yang berkapasitas sedikit saja, melainkan juga ponsel yang berkapasitas memori yang besar juga.

Dengan menggunakan aplikasi GOM Saver ini, maka kamu bisa menyimpan jauh lebih besar file melalui smartphone. Dengan aplikasi GOM saver ini, kamu bisa menyimpan file yang berukuran sampai ratusan gigabyte. Tanpa harus melakukan root, maka aplikasi ini bisa anda gunakan dengan langkah langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama ialah kamu harus punya aplikasi GOM Saver, jika belum punya, kamu bisa download terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya bukalah aplikasi GOM saver untuk menambah memori internal pada android yang telah terpasang sebelumnya pada smartphone kamu.
  3. Selanjutnya pilih ikon yang telah menunjukkan adanya memori sd card

Nah, proses penambahan memori internal dengan GOM saver sudah selesai. Dengan selesainya proses tersebut, maka akan terlihat jika memori internal pada smartphone android kamu masih tersisa sangat luas, apalagi ditambah dengan adanya MicroSD yang kapasitasnya sampai 32 GB.

Bila dengan aplikasi diatas memori internal kamu masih kurang besar, maka kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk menambahkan memori internal pada Android. Salah satunya dangan menggunakan aplikasi Google Drive. Cara menambahkannya juga sangat mudah sekali, yakni kamu hanya perlu menghubungkan akun Google kamu dengan Google Drive. Dengan begitu, otomatis kamu juga akan memiliki tambahan penyimpanan pada internet secara gratis sampai 15 GB.

Smartphone Android sekarang ini memang sudah dibekali oleh ruang penyimpanan atau memori yang luas. Namun produk smartphone yang dikeluarkan untuk kalangan dari menengah atas telah dipastikan dibekali oleh fitur storage yang sangat mempuni. Dari mulai yang berukuran 32 GB, hingga 64 GB, palagi ada juga yang memorinya sampai 256 GB.

Besarnya kapasitas dari memori internal ini memang sangat penting yang digunakan untuk penyimpanan pada smartphone. Terutama untuk android. Tapi jika kamu masih menggunakan smartphone yang hanya mampunyai kapasitas memori internal sangat sedikit ataupun bahkan tidak bisa ditambahkan dengan memori eksternal. Ataupun mungkin kamu ingin memiliki memori internal yang kapasitasnya lebih luas lagi. Maka kamu bisa menggunakan Cara Menambah Memori Internal Android Tanpa Root diatas. Dengan cara diatas, kamu tidak perlu melakukan root untuk smartphone kamu. Selamat mencoba.

Baca Juga :

Incoming search terms:

Cara Paling Mudah Menambah Memori Internal Android Tanpa Root “100% Work” | aby | 4.5
Shares