Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” [100% Work]

Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” [100% Work]
Rate this post

Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” [100% Work]

Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” [100% Work] Play Store merupakan aplikasi bawaan android yang memang digunakan untuk mendownload aplikasi yang ada di Play Store untuk menunjang kinerja android anda. Hanya saja, terkadang Play Store mengalami error system sehingga membuat anda tidak bisa mendownload aplikasi lagi di android anda. Seringkali anda mendapati Google Play Store berhenti pada saat anda ingin mendownload aplikasi sehingga aplikasi yang akan anda download gagal terpasang di android anda.

Selain itu, Play Store juga sering berhenti saat anda hanya sedang melakukan pencarian aplikasi yang ingin anda download. Pada saat berhenti biasanya akan ada peringatan seperti, “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti”.

Jika anda sering menemui masalah ini pada Play Store anda, itu artinya Play Store anda sedang mengalami eror yang terjadi akibat beberpa hal. Salah satunya adalah karena Chache yang sudah menumpuk dan tidak pernah sekali pun dibersihkan. Jika anda merasa tidak pernah membersihkan Chache, artinya memang benar, faktor ini lah yang membuat android anda tidak dapat mengakses Play Store.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi Play Store yang berhenti sehingga tidak bisa digunakan untuk mendownload aplikasi di Play Store?

Berikut ini caranya, simak terus ya artikel ini!

Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” [100% Work]

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah, menuju ke menu setting atau pengaturan di android kamu. Kemudian cari “Manager Aplikasi”

Baca Juga :   [UPDATE] 5 Aplikasi Edit Muka Lucu Android Terbaik

2. Kemudian cari aplikasi Play Store yang ada di kategori All, kemudian buka atau klik satu kali untuk membukannya.

3. Maka akan muncul tampilan seperti ini, (perhatikan gambar)

Klik Force Stop atau Paksa Berhenti tujuannya untuk menghentikan paksa aplikasi Play Store sebelum anda menghapus chacenya. Setelah itu, klik Uninstall Update atau Hapus Instalan Pembaruan agar Play Store kembali ke versi semula.

4. Setelah kedua langkah tersebut sudah anda lakukan, maka sekarang anda harus membersihkan memori dan chache Play Store anda. Caranya dengan klik Clear Chache atau Hapus Memori. Lihat gambar di bawah ini:

5. Setelah anda melakukan cara di atas dari mulai menghentikan aplikasi Play Store, menghapus update instal pembaruan dan menghapus memori atau chache, anda harus mematikan android anda dan melepaskan baterai juga MicroSD dan diamkan untuk beberapa menit lalu pasang kembali dan hidupkan android anda.

 

Mudah kan, cara mengatasi “sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” dan dijamin 100% work.

Selain dengan melakukan cara di atas, untuk mengurangi resiko Google Play Store terhenti anda bisa melakukan pembersihan chache secara berkala dengan menggunakan aplikasi clean master yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store atau bisa memanfaatkan aplikasi clean master bawaan dari android anda.

 

 

Baca Juga:

Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” [100% Work] | penulis oke | 4.5