3 Cara “Paling Mudah” Cek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

3 Cara “Paling Mudah” Cek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak
Rate this post

3 Cara Cek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

HP yang bagus – ketika anda membeli ponsel bekas untuk kebutuhan sehari hari, tentunya harus anda amati dengan baik terlebih dahulu. Jangan sampai anda membeli ponsel bekas yang salah karena ada kerusakan yang tidak anda ketahui sebelumnya. Untuk itu, anda membutuhkan cara cek HP yang bagus untuk mengatasi hal tersebut. Standart pengecekan umum pengecekan ponsel bekas yang biasanya dilakukan oleh pembeli ialah memeriksa kelengkapan dari surat, aksesoris dan juga kartu garansi.

Selain itu, anda pun harus perhatikan kondisi fisik ponsel yang akan anda beli. Apakah di ponsel tersebut ada bezelnya atau dent. Terdapat goresan atau tidak dibagian layarnya. Kemudian suara yang dikeluarkan oleh ponsel ini bermasalah atau tidak. Setelah hal itu anda cek, ternyata masih ada hal lain yang harus dicek seperti dibawah ini.

Tips Cara Memeriksa Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

Sebelum membeli ponsel, anda harus tahu bagaimana spesifikasi ponsel tersebut. Hal ini sangat penting karena jangan sampai anda kecewa dikemudian hari karena spesifikasinya tak sebagus yang anda mau. Untuk mengetahui spesifikasinya, anda bisa melihat langsung dari internet. Jangan sampai anda tanyakan pada penjual karena bisa jadi informasinya kurang tepat. Selain itu, anda harus cek beberapa hal dibawah ini.

1. Cek Android Bekas Menggunakan Kode Rahasia.

Masing masing tipe ponsel memiliki kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek. Kode tersebut bersifat umum dan khusus sesuai dengan tipe hp yang dibeli. Contohnya saja kode khusus untuk mengecek smartphone Samsung Galaxy ialah *#0*#. Kemudian ponsel Xiaomi Mi adalah *#*#64663#*#*. Smartphone ASUS Zenfone ialah *#*#4636#*#*, dan ponsel Oppo *#801#. Dengan kode tersebut, maka akan keluar tombol untuk melakukan test sensor, camera, speaker, touchsceen, getar atau lainnya.

2. Cek Kecepatan Booting Android.

Trik selanjutnya yang bisa dilakukan ketika melakukan cek smartphone pada performa dan kecepatan melakukan boot manual. Anda bisa melakukannya dengan mematikan hp Android dan lepas baterai dengan microSD beberapa detik. Lalu anda pasangkan kembali lalu tekan tombol power. Hitunglah, berapa detik Android melakukan booting pada ROM sampai menampilkan home screen.

3. Cek Android Bekas Menggunakan Aplikasi.

Selanjutnya ialah mengecek dengan aplikasi. Tujuan apakah ponsel android yang akan anda beli nantinya. Apakah digunakan untuk kebutuhan sehari hari atau digunakan untuk mobile gaming. Pakailah aplikasi AnTuTu Benchmark pada smartphone bekas tadi dan lakukan test tentang spek diantaranya 3D, UX, CPU, dan juga RAM. Untuk mendapatkan aplikasinya, anda bisa memasangnya melalui Play store.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam melakukan pengecekan HP yang bagus jika anda ingin membeli ponsel bekas di conter. Selamat mencoba.

3 Cara “Paling Mudah” Cek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak | penulis dua | 4.5
Shares